UNY Menyambut Mahasiswa Darmasiswa Internasional dalam Program Belajar Budaya dan Bahasa Indonesia

11
Mahasiswa Darmasiswa UNY (Foto: UNY)

BeritaYogya.com – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah menerima sembilan mahasiswa Darmasiswa dari tujuh negara berbeda pada tahun 2023. Program Darmasiswa yang sebelumnya terhenti akibat pandemi kini diperbaharui dengan semangat baru, memberikan peluang bagi mahasiswa internasional untuk belajar di Indonesia.

Program Darmasiswa merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia. 

UNY, sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, aktif berpartisipasi dalam program ini untuk mempromosikan keragaman budaya Indonesia.

Sembilan mahasiswa Darmasiswa yang diterima oleh UNY berasal dari berbagai negara, yaitu Anna Lopatowska (Polandia), Joshua Hodges (Australia), Jyoti Swaroop Sharma (India), Li You (China), Napat Sroidokson (Thailand), Ryo Ogata (Jepang), Shuji Makino (Jepang), Sooraya Samae (Thailand), dan Veronika Valentinova Dermendzhieva (Bulgaria).

Kedatangan mahasiswa Darmasiswa dari berbagai belahan dunia ini mencerminkan komitmen UNY dalam mendukung hubungan diplomatik Indonesia. 

Dengan program ini, UNY secara aktif mempromosikan pemahaman lintas budaya dan mempersiapkan generasi masa depan yang siap berkontribusi dalam pencapaian tujuan-tujuan berkelanjutan.

Selama 10 bulan tinggal di UNY, para mahasiswa Darmasiswa akan terlibat dalam berbagai aktivitas, termasuk kelas Bahasa Indonesia dan pertukaran budaya dengan mahasiswa lokal. 

Kehadiran mereka memperkuat komitmen UNY dalam mendukung dan memperkuat kerja sama lintas budaya antara negara-negara mitra dalam program Darmasiswa. 

Di era globalisasi yang semakin mendalam, UNY menjalankan perannya sebagai jembatan untuk memperluas pemahaman lintas budaya dan memupuk persahabatan internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here