Wirokerten Bantul Sambut Pasar Blumbang dengan Antusiasme Tinggi

23
Pasar Blumbang Wirokerten (Foto : Pemkab Bantul)

BeritaYogya.com – Pasar Blumbang Kalurahan Wirokerten telah kembali diselenggarakan di Kolam Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul. Pasar Blumbang yang ke-8 ini akan digelar selama dua hari, dimulai pada Sabtu (09/09/2023) dan akan berlangsung hingga Minggu (10/09/2023).

Penjelasan tentang Pasar Blumbang diberikan oleh Carik Kalurahan Wirokerten, Rini Widyastuti. Pasar Blumbang adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM di Kalurahan Wirokerten. Pasar ini diselenggarakan setiap Minggu Wage, dimulai dari jam 6 pagi hingga 12 siang. Di pasar ini, tersedia berbagai stan makanan tradisional yang kemasannya menggunakan daun dan kertas. Selain itu, di Pasar Blumbang juga terdapat kolam terapi ikan, stan hewan reptil, serta pertunjukan seni budaya yang mewakili warisan budaya Wirokerten.

Dalam acara ini, juga dilakukan penyerahan hibah perlengkapan penunjang wisata dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Dr. Tunjung Sulaksono, S.IP., M.Si., Kaprodi Ilmu Pemerintahan UMY, menyatakan bahwa pengabdian masyarakat ini merupakan implementasi dari konsep “merdeka belajar.” Program ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang ada di Kalurahan Wirokerten.

“Saat ini kami kembali mengadakan pengabdian masyarakat berbasis merdeka belajar. Salah satu yang kami lakukan adalah mengumpulkan seluruh potensi yang ada di Kalurahan Wirokerten ini, kemudian menggabungkannya dengan potensi wisata dan budaya, sehingga potensi yang ada dapat dioptimalkan. Pada kesempatan ini, kami memberikan hibah berupa perangkat pakaian Jawa untuk anak-anak dan orang dewasa, sepeda ontel, dan alat gejog lengsung, dengan total nilai hibah sekitar 73 juta. Harapannya, hibah ini akan membantu Kalurahan Wirokerten untuk menjadi desa yang mandiri dalam bidang budaya,” ucapnya.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, yang turut hadir dalam acara ini, mewakili Pemerintah Kabupaten Bantul dan mengapresiasi serta berterima kasih atas pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh UMY.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UMY yang hari ini melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Wirokerten Bantul. Pengabdian yang melibatkan mahasiswa ini sangat penting, karena mahasiswa dituntut untuk lebih dekat dengan masyarakat agar lebih memahami persoalan nyata. Semoga kemudian hari mereka dapat lebih memahami realita dan mengembangkan ilmu pengetahuan untuk menjawab berbagai tantangan zaman,” ucapnya.

Halim berharap bahwa rangkaian pengabdian masyarakat ini akan memberikan kontribusi yang nyata bagi Kalurahan Wirokerten, khususnya, dan Kabupaten Bantul, pada umumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here