Bantul Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2023 dengan Apel Akbar

34
Apel Akbar Hari Santri Nasional 2023 (Foto : Pemkab Bantul)

BeritaYogya.com – Belasan ribu santriwan-santriwati di Kabupaten Bantul menghadiri Apel Akbar Hari Santri Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan di Lapangan Paseban pada hari Minggu (22/10/2023). 

Acara ini mengangkat tema “Jihad Santri, Jayakan Negeri,” yang berkaitan dengan fatwa Resolusi Jihad K.H. Hasyim Asy’ari, Pendiri Jamiyyah Nahdlatul Ulama pada tanggal 22 Oktober 1945 yang memuat seruan jihad untuk mengusir penjajah dari bumi pertiwi.

Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, yang juga bertindak sebagai Pembina Apel, menyoroti peran penting para santri dalam sejarah perjuangan untuk kemerdekaan Republik Indonesia. 

Hari Santri adalah saat untuk mengenang pengabdian dan perlawanan santri serta kiai terhadap penjajah yang berusaha merebut kembali Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan. 

Semangat jihad para santri dalam mengamalkan ajaran agama dan berjuang untuk negara merupakan contoh yang patut diikuti.

“Sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Bantul, kami dengan bangga mengucapkan selamat memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2023. Kami berharap peringatan ini akan membangkitkan semangat kita untuk membela dan membangun Indonesia dalam berbagai bidang, sebagaimana semangat perjuangan para santri yang bersungguh-sungguh dalam Resolusi Jihad melawan penjajah,” tutur Halim.

Jihad Santri saat ini perlu terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perjuangan santri saat ini berfokus pada pengembangan sumber daya manusia santri. 

Sebagai generasi penerus bangsa, para santri diharapkan untuk terus belajar dan berusaha, tidak hanya dalam ilmu agama tetapi juga ilmu pengetahuan lainnya. 

Santri perlu memperoleh keterampilan, memiliki pemahaman yang luas tentang masalah nasional dan internasional, dan menjadi individu yang cerdas, peduli terhadap sesama, serta siap untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Selain itu, saya berharap semangat jihad para santri di Kabupaten Bantul juga terwujud dalam upaya menjaga lingkungan dengan berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah yang baik, karena kebersihan adalah sebagian dari iman,” imbuhnya.

Selain Apel Akbar, dalam rangkaian peringatan Hari Santri, berbagai kegiatan seperti pengelolaan sampah, penyuluhan pengelolaan sampah, pelatihan bisnis online, dan pertunjukan budaya santri serta pengajian akbar akan diadakan. 

Harapannya peringatan Hari Santri ini menjadi titik awal bagi kita untuk lebih bersemangat dan memberikan kontribusi positif bagi agama, bangsa, dan negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here