Politisi Muda DPRD DIY Dr. Stevanus: Generasi Muda Harus Mempersiapkan dan Beradaptasi di Era Society 5.0

150
Anggota DPRD DIY, Dr. R. Stevanus C. Handoko, S.Kom., MM

BeritaYogya.com – Anggota DPRD DIY, Dr. R. Stevanus C. Handoko, S.Kom., MM, menjelaskan pentingnya peran anak muda dalam menghadapi era teknologi Society 5.0. Dalam sebuah pertemuan yang digelar bersama Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY pada Kamis, 5 Oktober 2023. Dr. R. Stevanus berbicara tentang peran penting generasi muda dalam mengambil alih masa depan Indonesia.

Dr. Stevanus menjelaskan bahwa anggota dewan memiliki fungsi dan kewenangan untuk mengawasi program-program yang dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurut Dr. R. Stevanus, generasi muda adalah pewaris kemajuan di Indonesia, dan hampir 60% dari penduduk Indonesia berusia muda. Hal serupa terjadi di Yogyakarta, di mana persentase generasi muda sebanding dengan angka nasional.

Salah satu fenomena yang disoroti oleh Dr. R. Stevanus adalah maraknya TikTok Shop dan perkembangan teknologi 4.0 yang erat kaitannya dengan media sosial.

“Sekitar 2,7 juta penduduk DIY terbiasa menggunakan media sosial, dan ini diperkirakan akan terus meningkat,” ungkap Dr. R. Stevanus, selaku Anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia.

Dr. R. Stevanus mengungkapkan data bahwa Provinsi DIY juga memiliki tingkat literasi digital yang cukup tinggi, dan pemerintah setempat telah memulai sosialisasi tentang era teknologi Society 5.0. Hal ini berimbas pada generasi muda yang semakin tertantang dalam persaingan yang lebih luas dan ketat, bukan hanya di wilayah Yogyakarta, tetapi juga bersaing dengan wilayah lainnya.

Dr. R. Stevanus memberikan contoh yaitu Sosial Commerce, sebagai perubahan dalam model bisnis, memungkinkan interaksi langsung antara penjual dan pembeli melalui media sosial. Ini menantang generasi muda untuk memanfaatkan media sosial dengan lebih baik dalam mengembangkan kemampuan diri dan potensi ekonomi.

Dr. R. Stevanus menjelaskan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kapasitas generasi muda, antara lain:

  • Akses ke Pendidikan Digital.
  • Pengembangan Keterampilan Soft.
  • Pembinaan, Magang, dan Mentorship.
  • Pelatihan Digital.
  • Kewirausahaan.

Salah satu kegiatan yang telah dilakukan di Kepuh RW 11, Kelurahan Klitren, Kemantren Gondokusuman, Dr. R. Stevanus telah melakukan berbagai pelatihan yaitu pelatihan marketing literasi digital, pelatihan E-Business, dan bantuan laptop, sertifikasi, serta pelatihan teknis budidaya ikan hias dan bantuan kolam.

Harapan terakhir dari upaya ini adalah bahwa generasi muda dapat meningkatkan kapasitas mereka dan bekerja sama dengan pemerintah untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here