Pelatihan E-Business Perlu Terus Dikembangkan Bagi UMKM

37
Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM memberikan materi tentang E-Business

BeritaYogya.Com – DPRD DIY melakukan kunjungan dan pengawasan pada pelaksanaan Pelatihan E- Business yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika DIY di Kelurahan Prenggan Kecamatan Kota Gede.

Kegiatan tersebut dilaksanaan pada hari Kamis, (3/8/2023). Kegiatan ini dilakukan untuk melatih para pemilik UMKM di Kelurahan Prenggan mengetahui strategi berbisnis melalui platform digital. Kegiatan ini turut dihadiri oleh pelaku UMKM di Kelurahan Prenggan.

Dr. R. Stevanus mengatakan bahwa program ini merupakan implementasi dari Peraturan Derah Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi. Kegiatan semacam ini sangat diperlukan karena masyarakat saat ini telah di era society 5.0 dimana masyarakat lebih dekat dengan teknologi.

Selain itu, program ini juga dilaksanakan untuk menunjang tercapainya Jogja Smart Province.

Pada kesempatan ini, Dr. R. Stevanus Christian Handoko. S.Kom.,MM. anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia mengatakan bahwa, terdapat lima point terkait pemanfaatan digital untuk meningkatakan peluang bisnis UMKM diantaranya adalah; dapat mengakses pasar secara lebih luas, dapat melakukan promosi dan branding yang lebih efektiv, meningkatkan efisiensi pada operasional, dapat melakukan kemitraan dan kolaborasi secara lebih mudah, dan dapat berinovasi dan beradaptasi dengan lebih cepat.

Acara ini dihadiri juga oleh dua narasumber yang berkompeten di bidang digital marketing, yakni Bara Wahyu Riyadi, S.E., M.M. sebagai direktur Garda Institut dan Wisnu Nugroho., S.Kom sebagai owner 6miles caffe dan conten creator.

Dalam kesempatan tersebut, Bara menyampaikan materi terkait perbedaan dan kekurangan serta kelebihan berbisnis
secara tradisional dan digital. Selain itu, beliau menjelaskan terkait manfaat yang diberikan pada platform digital tentang bagaimana cara membuat branding iklan dan desain produk yang menarik dan mudah dijangkau oleh komsumen.

Kemudian Wisnu memberikan materi terkait cara memotret produk agar konsumen tertarik.

Pelatihan e-business yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika DIY ini tidak hanya memberikan materi tetapi melakukan praktik secara langsung yang di demokan oleh kedua narasumber tersebut. Para pemilik UMKM terlihat antusias mengikuti pelatihan e-business Diskominfo DIY.

Terakhir Dr. R. Stevanus berharap dengan adanya pelatihan e-business ini masyarakat pemilik UMKM di Kelurahan Prenggan mampu meningkatkan daya jual produknya melalui platform digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here